Pengertian Diabetes Tipe-1 & Seluk Beluknya

Advertisement
Pengertian Diabetes Tipe-1 & Seluk Beluknya - Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling banyak mengidap orang-orang yang berusia diatas 40-an, meskipun tak jarang pula, yang sudah mengidap sejak usia dibawah 30-an, terutama oleh karena faktor keturunan dan pola hidup. Menurut beberapa pakar, penyakit Diabetes atau yang biasa dikenal dengan sebutan kencing manis atau penyakit gula, penyakit ini sama berbahayanya dengan penyakit HIV/AIDS, karena umumnya penyakit gula darah juga memicu penyakit lain, atau bahkan memperparah penyakit lain yang sudah ada, seperti borok/luka, dll.

Ada 2 jenis penyakit diabetes yang dikenal sebagai diabetes tipe-1 dan tipe-2. Dari kedua jenis diabetes tersebut, diabetes tipe-1 lebih ditakuti karena lebih sulit diobati. Berikut ini adalah pengertian diabetes tipe-1 dan ciri-cirinya.

Pengertian Diabetes Tipe-1 & Ciri-Cirinya

Pengertian Diabetes Tipe-1
Pengertian Diabetes Tipe-1

Diabetes Tipe-1 Merupakan Gangguan Imun

Karakteristik diabetes tipe-1 memiliki sedikit kesamaan dengan penyakit lupus, dimana, sel-sel imun tubuh menyerang sel-sel sehat secara acak sehingga menimbulkan gangguan pada organ yang diserang. Selain itu, penderita diabetes tipe-1 juga mengalami gangguan produksi insulin akibat pankreas yang tidak bekerja seharusnya. Belum ada obat untuk mengatasi akibat yang ditimbulkan oleh penyakit ini.

Diabetes Tipe-1 dan Orang-orang Yang Rawan Terserang

Menurut pakar kesehatan, diatebes tipe-1 tak hanya dipicu oleh pola hidup, tetapi juga oleh faktor genetika / keturunan, sehingga semua orang bisa terserang penyakit ini, tak terkecuali anak-anak sekalipun.

Terapi Untuk Penderita Diabetes Tipe-1

Diabetes tipe-1 bisa dikategorikan penyakit yang sulit ditangani. Orang yang mengidap penyakit diabetes tipe-1 diharuskan menjalani terapi injeksi insulin ke dalam tubuh yang harus dijalankan seumur hidupnya. Intensitas injeksi insulin tergantung pada kondisi tubuh dan tingkat keparahan penyakit yang diderita. Bahkan tak jarang penderita yang harus menginjeksikan insulin beberapa kali dalam sehari. Terapi yang terlewatkan bisa berakibat fatal pada penderita.

Gejala Diabetes Tipe-1

Gejala diabetes tipe 1 hampir serupa dengan diabetes tipe 2, yaitu kerap merasa haus, cepat lelah, sering buang air kecil, kerap merasa lapar, air seni mengandung gula, nafas berbau, sesak nafas, dsb.

Nah, setelah mengenali lebih jauh tentang penyakit diabetes, ada baiknya agar kita semua mulai menjaga kesehatan.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Diabetes Tipe-1 & Seluk Beluknya. Semoga bermanfaat :-)

artikel bliss guild lainnya mengenai Diet Untuk Penderita Diabetes, Aturan & Pertanyaan seputarnya
Advertisement
Pengertian Diabetes Tipe-1 & Seluk Beluknya | ndra | 5

0 komentar:

Post a Comment