Diet Untuk Penderita Diabetes, Aturan & Pertanyaan seputarnya

Advertisement
Diet Untuk Penderita Diabetes, Aturan & Pertanyaan seputarnya - Umumnya penderita diabetes memang harus 'rela' untuk meninggalkan makanan kesukaannya, apalagi jika si penderita menyukai makanan yang manis-manis. Dan biasanya, diet yang dijalankan oleh penderita diabetes memiliki menu makanannya sendiri yang tak bisa disamakan dengan makanan orang yang masih sehat. Ya! Yakinlah bahwa informasi yang kerap terdengar adalah seperti itu. Dan kabar baiknya, kenyataan tersebut tidaklah 100% benar!

Sesungguhnya, penderita diabetes masih diperbolehkan mengkonsumsi makanan apa pun juga yang mereka sukai dengan catatan agar tetap memperhatikan 3 faktor penting, yaitu:

- Jenis Makanan
- Jumlah Makanan
- Waktu 

Marilah kita bahas penjelasan dan aturannya...

Diet Untuk Penderita Diabetes dan Aturan-Aturannya

Makanan Yang Baik Bagi Penderita Diabetes
Jenis makanan yang baik untuk penderita diabetes adalah yang mampu mencukupi keseimbangan gizi yang diperlukan oleh tubuh, kaya akan serat, serta rendah gula. Beberapa contoh makanan yang masuk dalam kategori tersebut adalah nasi merah, roti, buah-buahan. Selain itu, perlu ada keseimbangan jenis makanan yang dikonsumsi. Misalnya, 1 piring nasi, harus diimbangi dengan 1/4 lauk pauk, berikut dengan 1 jenis buah, serta 1 gelas susu. 

Jadwal Makan Penderita Diabetes
Pengaturan waktu dan jam makan juga merupakan faktor penting diet bagi penderita diabetes. Normalnya memerlukan 5x makan dalam satu hari, meliputi sarapan pagi, cemilan (pertengahan siang), makan siang,  cemilan (di sore hari), serta makan malam. Jadwal makan seperti ini sangat penting untuk mengatur kadar gula dalam darah serta mempertahankan kadar yang sudah diturunkan.

Mitos Tentang Makanan Manis
Seringkali terdengar bahwa makanan manis adalah pantangan besar bagi penderita diabetes. Sesungguhnya, makanan-makanan seperti nasi, sirop, dll, bukanlah makanan yang harus dimusuhi sepenuhnya. Penderita diabetes masih diperbolehkan untuk memakan makanan tersebut, tapi harus dalam kadar yang dikurangi. Untuk makanan yang mengandung rasa manis, bisa diganti dengan pemanis pengganti atau gula khusus penderita diabetes yang bisa didapatkan di swalayan. Namun juga tetap harus dengan jumlah yang sewajarnya.

Aturan Sarapan Untuk Penderita Diabetes
Beberapa aturan yang sering terdengar seputar diet untuk penderita diabetes adalah larangan untuk sarapan pagi dan malam. Aturan seperti ini tidaklah benar karena dapat menyebabkan kadar gula dalam darah menurun drastis dan terjadi hipoglikemia. Sarapan pagi dan malam diperlukan untuk memenuhi kebutuhan akan energi dan menjaga keseimbangan metabolisme tubuh.

Diet Untuk Penderita Diabetes (Aturan Lain)
Beberapa aturan yang perlu diperhatikan untuk penderita diabetes adalah: olahraga rutin, melengkapi informasi seputar diabetes, pengecekan rutin kadar gula darah, konsumsi obat diabetes sesuai anjuran dokter, serta tetap beraktivitas agar tubuh tetap bugar.

Demikianlah informasi mengenai Diet Untuk Penderita Diabetes, Aturan & Pertanyaan seputarnya. Semoga bermanfaat :-)

Advertisement
Diet Untuk Penderita Diabetes, Aturan & Pertanyaan seputarnya | Ilmu Komputer | 5

0 komentar:

Post a Comment