Diet Makanan Mentah: Efek Positif Negatif nya Bagi Kesehatan

Advertisement
Diet Makanan Mentah: Efek Positif Negatif nya Bagi Kesehatan - Ada banyak sekali jenis diet, baik untuk menurunkan berat badan maupun menaikkan berat badan. Jika kita meluangkan waktu sejenak untuk mencari informasi seputar diet dan jenis diet, kita akan menemukan betapa banyaknya teknik diet, mulai dari yang umum hingga yang ekstrim dan aneh. Diantara banyaknya jenis diet yang ada, barangkali anda pernah mendengar tentang diet makanan mentah. Diet ini menganjurkan seseorang untuk hanya mengkonsumsi makanan mentah saja. 

Diet Makanan Mentah dan Pengaruhnya Untuk Kesehatan

Diet makanan mentah
Diet makanan mentah
Diet makanan mentah pertama kali diperkenalkan oleh Artturi Virtanen, seorang ilmuwan dari Finlandia. Diet ini menganjurkan agar mengunyah makanan yang belum dimasak secara langsung agar enzim alami pada makanan serta enzim dalam tubuh dapat saling berinteraksi dan membawa hasil positif bagi tubuh. Teori kesehatan tersebut menyebutkan bahwa enzim alami pada makanan mentah yang masih utuh lebih mudah dicerna, sedangkan makanan yang terlalu matang akan membuat tubuh memerlukan enzim tambahan untuk mencerna makanan tersebut, sehingga membuat pencernaan harus bekerja lebih keras.

Selain itu, makanan yang dimasak terlalu matang juga dapat menghilangkan nutrisi yang ada pada makanan tersebut, seperti halnya yang terjadi pada sayuran brokoli atau tomat. Diet makanan mentah ini juga tak jarang dilakukan juga oleh para vegetarian sebagai metode untuk mendetoks tubuh. Jenis diet makanan mentah tak sebatas mengkonsumsi sayuran saja, melainkan semua jenis makanan yang bersifat mentah, seperti susu, ikan mentah, atau daging mentah.

Diet Makanan Mentah, Baikkah Untuk Kesehatan?

Dipandang dari kacamata medis, diet makanan mentah tidak membawa masalah yang serius bagi kesehatan. Diet makanan mentah (atau yang juga dikenal Raw Food Diet) dapat meningkatkan energi pada tubuh, mempercantik kualitas kulit, membantu menurunkan berat badan, serta mencegah resiko penyakit kanker. Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli nutrisi, diet makanan mentah juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Untuk hasil yang lebih sempurna juga dianjurkan agar mengurangi kadar garam dan gula dalam makanan serta memilih jenis daging yang minim lemak, seperti daging merah, daging tuna atau salmon. 

Efek Buruk Diet Makanan Mentah

Disisi lain, diet makanan mentah juga memiliki efek buruk bagi kesehatan. Beberapa efek negatif diet makanan mentah antara lain:

Gangguan pada saluran cerna yang diakibatkan akibat kekurangan vitamin B12 dan kadar LDL.
Faktor kebersihan pada makanan mentah sulit diketahui, karena bakteri yang terkandung pada makanan mentah tak dapat terlihat oleh mata.
Kadar vitamin pada beberapa sayuran seperti bayam, kangkung, sawi, wortel, jagung, kacang panjang, dan daun singkong, diketahui lebih baik jika dimasak terlebih dahulu dengan catatan agar dimasak tidak terlalu lama.

Nah, demikianlah informasi mengenai diet makanan mentah. Bagi anda yang kepingin mencoba menjalani diet makanan mentah bisa memulainya sedikit demi sedikit untuk mengetahui respon tubuh anda, jika merasa tidak cocok, dan mengalami gangguan pencernaan, disarankan agar menghentikan diet ini.


Advertisement
Diet Makanan Mentah: Efek Positif Negatif nya Bagi Kesehatan | Ilmu Komputer | 5

0 komentar:

Post a Comment