Tips Bersepeda & Nutrisi Yang Diperlukan Agar Tetap Fit

Advertisement
Tips Bersepeda & Nutrisi Yang Diperlukan Agar Tetap Fit - Bersepeda adalah salah satu olahraga yang digemari. Selain murah dan menyehatkan, bersepeda santai di pagi hari juga bisa menyegarkan pikiran dan mood. Bersepeda bukan saja berfungsi sebagai sarana olahraga, tetapi juga sebagai sarana transportasi sederhana. Dalam ilmu kesehatan, beberapa organ yang terlibat langsung saat bersepeda antara lain: jantung, otot tungkai, lengan, perut dan punggung. Meskipun demikian, kegiatan bersepeda juga membakar cukup banyak kalori. Oleh karena itu, juga memerlukan asupan nutrisi yang tepat untuk mengimbanginya. 

Tips Bersepeda dan Nutrisi Yang Dibutuhkan Untuk Menjaga Kondisi

Menurut aturan yang dijalankan oleh para atlit sepeda yang bisa kita terapakan, mengharuskan adanya asupan 50 hingga 60% karbohidrat yang berasal dari nasi, kentang, roti, mie, serta minuman ber-glukosa untuk meningkatkan performa saat bersepeda. Sedangkan 30-35% untuk makanan lainnya yang diperlukan adalah lemak tak jenuh serta protein, seperti yang terkandung dalam kacang-kacangan, daging ikan, daging merah, putih telur, alpukat, brokoli, dan minyak ikan. Sedangkan sisanya boleh mengkonsumsi sedikit lemak.

Protein sangat penting bagi olahraga bersepeda yang berfungsi untuk membangun otot baru yang lebih kuat. Jika anda seorang yang rutin berolahraga sepeda, maka asupan 20 hingga 25% protein diperlukan  dari jumlah makanan anda.

Dan asupan terakhir yang sangat penting saat berolahraga sepeda adalah asupan cairan. Dianjurkan agar meminum air terlebih dahulu sebanyak 500 ml sebelum mulai bersepeda dan tambahi lagi secara berkala selama bersepeda setiap 30 menit. Hal itu dimaksudkan untuk menghindari dehidrasi saat bersepeda, karena kegiatan bersepeda cukup menguras tenaga dan keringat, oleh karenanya memerlukan cairan pengganti untuk menggantikan keringat yang terbuang.

Demikianlah informasi mengenai Tips Bersepeda & Nutrisi Yang Diperlukan Agar Tetap Fit. Semoga bermanfaat :-)

Advertisement
Tips Bersepeda & Nutrisi Yang Diperlukan Agar Tetap Fit | Ilmu Komputer | 5

0 komentar:

Post a Comment