Manfaat Apel dan Khasiat Ampuhnya Bagi Kesehatan

Advertisement
Manfaat Apel dan Khasiat Ampuhnya Bagi Kesehatan - Pernahkah anda mendengar pepatah tua yang mengatakan: "makan satu apel setiap hari, jauhkan anda dari dokter" Pepatah lawas tersebut memang bukan omong kosong yang berlebihan jika menilik manfaat buah apel bagi kesehatan yang seringkali terabaikan. Dalam buah apel terkandung banyak sekali nutrisi penting bagi tubuh. Menurut penelitian oleh para ahli, setidaknya terdapat tiga manfaat apel bagi kesehatan yang kerap terlewatkan dan tak disadari oleh kebanyakan orang. Apa saja kah itu?

Khasiat dan Manfaat Apel Bagi Kesehatan

Manfaat Apel bagi kesehatan
Manfaat Apel bagi kesehatan
Pertama. Berdasarkan studi kesehatan yang dilakukan oleh American Chemical Society (ACS) beberapa tahun silam, mendapati adanya kandungan alami pada apel yang dapat memperpanjang usia seseorang sampai 10 %. Penelitian yang melibatkan ujicoba pada hewan tersebut juga menunjukkan adanya reaksi alami pada apel yang dapat memicu saraf motorik agar tetap bekerja dengan halus. Kendati, penelitian tersebut diujikan pada hewan, namun dari kesimpulan yang dibuat oleh tim peneliti juga menyebutkan kandungan tersebut juga bekerja untuk motorik seluruh makhluk hidup termasuk manusia.

Manfaat apel bagi kesehatan yang kedua, juga membantu menjaga dan meningkatkan kemampuan daya ingat seseorang. Kandungan kimiawi alami pada buah apel dapat menjadi konektor antar sel otak dengan hormon disebut acetylcholine dalam membangun struktur baru yang memicu kinerja otak agar tetap terjaga. Zat tersebut juga berfungsi sebagai pencegah kemunduran kemampuan mental pada lansia. Kesimpulan ini juga pernah dibuktikan dalam studi ilmiah terakhir yang menyatakan bahwa memakan apel dan buah-buahan antioksidan sejenis bisa membantu mencegah problem yang berhubungan dengan daya ingat seseorang.

Manfaat apel bagi kesehatan yang ketiga juga membantu menghindarkan resiko penyakit jantung dan stroke. Khasiat apel membantu mencegah kolesterol bahkan menurunkannya sampai tingkat 23 %. Mereka yang rajin mengkonsumsi buah apel secara rutin akan menurunkan resiko penyakit jantung secara alami.

Manfaat apel bagi kesehatan yang keempat adalah menghindarkan kita dari resiko penyakit kanker. Kenyataan ini juga dibuktikan dari studi yang dilakukan di Hawaii yang menunjukkan adanya hubungan zat dalam apel dengan sel kanker paru-paru khususnya. Dalam studi tersebut membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi apel secara rutin mampu mengurangi resiko kanker paru-paru hingga 50%! Hal tersebut didasarkan oleh kandungan antioksidan dalam apel yang bekerja mematikan sel kanker dan sel degeneratif lainnya. 

Demikianlah sejumlah manfaat apel bagi kesehatan yang kerap tak disadari oleh kita semua. Selain bermanfaat, harga buah apel juga cukup murah dan bisa dikonsumsi setiap saat. 

Untuk artikel blissguild lainnya seputar kesehatan lainnya, baca juga 30 Cara Hidup Sehat Sampai Tua Tanpa Obat
Advertisement
Manfaat Apel dan Khasiat Ampuhnya Bagi Kesehatan | ndra | 5

0 komentar:

Post a Comment