30 Cara Hidup Sehat Sampai Tua Tanpa Obat

Advertisement
30 Cara Hidup Sehat Sampai Tua Tanpa Obat - Hidup sehat adalah dambaan setiap orang. Tidak bisa dipungkiri, kesehatan adalah harta paling berharga yang dimiliki oleh manusia. Banyak sekali orang yang mengharapkan kesehatan namun tidak memilikinya. Dewasa ini tak sedikit orang yang memiliki gangguan kesehatan yang buruk meskipun usia mereka masih muda. Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti gaya hidup, kebiasaan buruk, jenis makanan yang tidak sehat, dan banyak lagi. Umumnya hal-hal yang mereka lakukan tersebut mungkin tidak membawa dampak dalam jangka pendek, namun cenderung pasti merusak bagian tubuh secara perlahan hingga menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Tubuh yang sehat tercipta karena seluruh organ-organ tubuh berjalan selaras. Hal itu hanya bisa dicapai dengan mengetahui cara hidup sehat serta menjalankannya seumur hidup. Faktor lingkungan juga ikut mempengaruhi kualitas hidup sehat seseorang. Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah niat dalam diri untuk menciptakan kondisi pikiran yang mendorong niat untuk hidup sehat. Dengan menjalani 30 cara hidup sehat ini, mekanisme tubuh akan berjalan seimbang sehingga tujuan untuk hidup sehat akan tercapai. Nah, pada artikel berikut ini akan dibahas cara-cara hidup sehat untuk menghindari penyakit dan obat hingga tua.

30 Tips dan Cara Hidup Sehat 

Cara Hidup Sehat
Cara Hidup Sehat
  1. Jangan biasakan diri mengkonsumsi obat saat penyakit ringan datang. Umumnya tubuh memiliki kekebalan tubuh yang akan bekerja dalam menyembuhkan penyakit. Dahulukan dengan beristirahat cukup dan mengkonsumsi air putih. Jika dalam 2 hari penyakit tak kunjung reda baru lah berkonsultasi ke dokter. 
  2. Cukupi Asupan Gizi. Meliputi 4 sehat 5 sempurna. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Hindari makanan yang mengandung zat pewarna.
  3. Hindari makanan berlemak.
  4. Pilihlah buah dan sayuran organik yang alami.
  5. Makan secara teratur. Perhatikan waktu sarapan anda dan berdisiplin untuk tidak telat makan untuk menghindarkan gangguan penyakit maag.
  6. Minum susu setiap hari. Sebagian orang menganggap susu merupakan pantangan bagi mereka yang sedang menjalani diet menurunkan berat badan. Hal tersebut bukan alasan untuk berpantangan untuk minum susu. Pilihlah susu skim yang memiliki kandungan low fat kurang dari 1%. Sedangkan untuk membentuk otot dapat memilih susu full cream dan protein.
  7. Cukupi 8 gelas air putih setiap hari untuk membantu tubuh mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh.
  8. Imbangi gizi makanan. Asumsikan jika salah satu menu masakan hari ini mengandung lemak yang tinggi. Maka imbangi dengan 2 jenis makanan lainnya yang kaya akan serat dan gizi agar efek makanan berlemak bisa diminimalisir. Jika anda bisa menghindari makanan berlemak itu hal yang lebih baik lagi.
  9. Batasi dan hindari makanan tak sehat. Yang dikategorikan makanan tak sehat antara lain: makanan fast food, makanan yang tak bersih, makanan dengan zat pewarna.
  10. Cukupi Gizi sesuai kebutuhan usia. Untuk anak-anak, makanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan vitamin diperlukan untuk masa pertumbuhan. Sedangkan untuk dewasa dan orang tua pembatasan itu mutlak dilakukan. Selain itu, porsi juga perlu disesuaikan.
  11. Teliti sebelum makan. Pilihlah daging yang tak berlemak, hindari makanan yang digoreng dengan minyak berlimpah, serta cuci bersih semua makanan sebelum dimasak.
  12. Kendalikan berat badan. Jalani diet sehat untuk mendapatkan tubuh yang ideal serta bebas kolesterol.
  13. Olahraga secara teratur atau minimal 30 menit setiap hari.
  14. Hindari olahraga yang berlebih. Banyak orang yang cenderung memaksakan olahraga yang berlebihan meskipun tubuh mereka sehingga hal itu dapat memicu jantung berdetak lebih keras.
  15. Periksa kesehatan secara berkala. Mendeteksi penyakit sejak dini adalah upaya pencegahan yang baik untuk mengobati penyakit yang tak terdeteksi.
  16. Menjaga kebersihan dan lingkungan.
  17. Biasakan mandi minimal 2x sehari untuk membersihkan kotoran dan mengembalikan kesegaran tubuh.
  18. Biasakan mencuci tangan sebelum makan maupun setelah melakukan aktivitas.
  19. Rajin menggosok gigi 2x sehari, yakni pagi dan malam.
  20. Cukupi kebutuhan akan tidur. Para ahli kesehatan menganjurkan agar mencukupi kebutuhan tidur 8 jam sehari.
  21. Luangkan waktu untuk bersantai. Hal ini akan melepaskan pikiran dan tubuh dari ketegangan.
  22. Biasakan bergerak untuk melakukan hal-hal kecil. Seperti membersihkan kamar, berjalan kaki ke warung di depan jalan tanpa kendaraan, tidak meminta tolong pembantu untuk menyeduhkan kopi, dsb.
  23. Mengolah pernafasan. Dengan mengatur frekuensi pernafasan memberikan kesempatan pada jantung memompa oksigen ke seluruh tubuh sehingga oksigen yang terpakai oleh organ-organ tubuh akan efisien dan efektif.
  24. Hindari rokok, alkohol, dan zat perusak tubuh lainnya.
  25. Hindari stress dan depresi. Kedua hal itu dapat memicu penyakit dari dalam dan menganggu keseimbangan hormon.
  26. Mengembangkan sikap optimis. Sikap optimis juga membawa dampak baik bagi tubuh, Sikap optimis dan gembira membantu tubuh melepaskan hormon serotonin yang membuat orang selalu merasa baik dan sehat. Pikiran yang sehat dan optimis juga berpengaruh terhadap respon tubuh.
  27. Ubah kebiasaan buruk. Jika selama ini anda lebih senang duduk berjam-jam untuk menonton televisi, bermain game, browsing, tidur. Maka cobalah untuk mengurangi kebiasaan yang dapat melemahkan tubuh tersebut dan mulai menambahkan aktivitas baru yang lebih menyehatkan, seperti bermain basket, sepakbola, senam aerobik, hang-out bersama teman-teman, nge-gym, dll.
  28. Lengkapi pengetahuan terhadap kesehatan dan praktikkan!
  29. Jangan menyerah! Jika anda memiliki target yang belum tercapai seperti diet anda, kesehatan yang buruk, dsj. Maka, mulailah untuk mengubah pola dan gaya hidup anda serta mulai menjalani cara hidup sehat yang baik.
  30. Kenali tubuh anda, baik fisik maupun kejiwaan. Andalah yang paling mengenai setiap perubahan yang ada pada fisik maupun kejiwaan anda. Jangan abaikan setiap gangguan kecil pada tubuh maupun psikis anda. Segeralah mencari solusinya.
Nah, demikianlah rangkuman lengkap tentang 30 cara hidup sehat sampai tua tanpa obat. Semoga tips ini bermanfaat untuk kita semua :-)

baca juga artikel blog blissguild lainnya mengenai: 14 CARA MENURUNKAN BERAT BADAN & POLA PIKIR YANG DIPERLUKAN
Advertisement
30 Cara Hidup Sehat Sampai Tua Tanpa Obat | ndra | 5

0 komentar:

Post a Comment