Gejala Awal Kanker Serviks Yang Perlu Diperhatikan

Advertisement
Gejala Awal Kanker Serviks Yang Perlu Diperhatikan - Kanker serviks atau kanker mulut rahim adalah jenis kanker yang paling banyak menyerang wanita selain kanker payudara. Jenis kanker yang satu ini tergolong mematikan. Penyebab kanker serviks hampir selalu disebabkan oleh virus HPV yang masuk melalui hubungan kelamin, baik itu intensitas hubungan yang terlalu sering, berganti-ganti pasangan, maupun hubungan kelamin pada usia yang terlalu muda. Gejala kanker serviks memang cukup sulit dideteksi karena umumnya gejala awal tidak menunjukkan adanya tanda yang berarti. Nah, pada artikel blog blissguild kali ini akan membahas 4 gejala kanker serviks tahap awal yang perlu diperhatikan sedini mungkin. Apa sajakah itu?

4 Gejala Awal Kanker Serviks Yang Perlu di Waspadai

Gejala Awal Kanker Serviks
Gejala Awal Kanker Serviks
Pertama, gejala awal kanker serviks hingga menengah, umumnya akan menunjukkan tanda berupa pendarahan pada organ kewanitaan. Terkadang pendarahan terjadi cukup banyak. Ada perbedaan antara pendarahan tak lazim ini dengan pendaraan saat menstruasi berlangsung. Apabila seseorang mengalami pendarahan yang tak lazim atau belum pernah terjadi sebelumnya, ada baiknya agar segera memeriksakan diri ke dokter.

Kedua, selain pendarahan yang disebutkan diatas, pendarahan lainnya yang bisa jadi gejala awal kanker serviks juga terjadi saat melakukan hubungan suami istri. Jika itu terjadi, maka ada indikasi seseorang mengalami kanker serviks stadium awal. Untuk lebih memastikan lagi, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Ketiga, umumnya kanker stadium awal akan mengalami metastasis atau penyebaran ke organ pembuluh darah lainnya. Hal ini bisa dideteksi melalui rontgen, dsb.

Keempat, sering mengalami nyeri panggul juga bisa menjadi indikasi gejala awal kanker serviks yang perlu diwaspadai. Biasanya akan terasa nyeri hebat pada bagian itu. 

Selain keempat gejala awal kanker serviks yang disebutkan diatas, gejala lainnya yang memperkuat adanya indikasi tersebut juga terlihat dari berat badan yang cenderung terus menurun tanpa sebab, keletihan, nyeri-nyeri pada kaki, hingga intensitas buang air kecil yang berkurang. Oleh karena itu, pemeriksaan dini terhadap gejala awal kanker serviks sangat penting. Semakin dini penyakit kanker terdeteksi, semakin besar peluang penyakit tersembuhkan.

Demikianlah informasi mengenai Gejala Awal Kanker Serviks Yang Perlu Diperhatikan. Semoga bermanfaat :-)

Advertisement
Gejala Awal Kanker Serviks Yang Perlu Diperhatikan | ndra | 5

0 komentar:

Post a Comment