Efek Kopi Bagi Kesehatan dan Gangguan Yang Ditimbulkan

Advertisement
Efek Kopi Bagi Kesehatan dan Gangguan Yang Ditimbulkan - Kopi adalah jenis minuman yang paling digemari di dunia selain teh. Sebagian orang bahkan sudah menjadikan kopi sebagai minuman wajib setiap harinya. Dengan kandungan kafeinnya, kopi memang dapat memberikan tenaga ekstra serta memicu kerja jantung agar lebih aktif. Selain itu, kopi juga dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus pikiran. Disamping berbagai efek positif kopi, ternyata kopi juga memiliki berbagai efek negatif atau efek samping bagi kesehatan yang perlu diketahui. Apa sajakah itu?

Efek Kopi Bagi Kesehatan dan Gangguan Yang Ditimbulkan

Efek Kopi Bagi Kesehatan
Efek Kopi Bagi Kesehatan

Pertama, kandungan kafein serta asam yang terdapat pada biji kopi disebutkan dapat menimbulkan iritasi pada dinding perut serta usus kecil. Mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat menimbulkan sembelit, kram serta gangguan pencernaan lainnya.

Kedua, cara penyajian biji kopi yang dikeringkan dan digoreng membuat kopi memiliki sifat panas yang memicu panas dalam, terutama dengan gangguan proses penyerapan makanan yang menjadi sifat kopi saat dicerna oleh tubuh.

Ketiga, efek kopi bagi kesehatan juga dapat menyebabkan tubuh kekurangan kalsium, magnesium, serta zinc. Karena kopi yang berlebihan juga dapat mengganggu kerja ginjal.

Keempat, efek kopi bagi kesehatan juga berpengaruh pada penderita penyakit asam lambung. Bagi mereka yang memiliki penyakit maag, kopi adalah salah satu yang harus dihindari.

Kelima, kandungan dalam kopi juga bisa meninggikan kadar hormon kortison, norepinefrin, dsb, yang dapat memicu stress akibat fokus yang berlebihan pada otak dan mood.

Keenam, efek kopi juga dapat menyebabkan tubuh defisit mineral dan menimbulkan gangguan kepadatan tulang yang berujung pada penyakit osteoporosis. 

Oleh karena itu, disatu sisi, kopi memang menyehatkan, namun disisi lainnya juga membawa akibat dan efek bagi kesehatan. Cara mengkonsumsi kopi yang baik adalah dengan tidak meminumnya secara berlebihan.

Demikianlah informasi mengenai Efek Kopi Bagi Kesehatan dan Gangguan Yang Ditimbulkan. Semoga bermanfaat :-)

Advertisement
Efek Kopi Bagi Kesehatan dan Gangguan Yang Ditimbulkan | ndra | 5

0 komentar:

Post a Comment