Efek Kemoterapi dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan & Tubuh

Advertisement
Efek Kemoterapi dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan & Tubuh - Kemoterapi adalah salah satu metode penanganan penyakit kanker yang paling banyak dilakukan. Kemoterapi bertujuan untuk memusnahkan sel-sel kanker. Namun, dibalik itu, efek kemoterapi bagi kesehatan ternyata bukannya tanpa efek. Karena sifatnya membunuh sel kanker jahat yang menyatu dengan sel-sel sehat, maka kemoterapi juga ikut membunuh sel-sel sehat tersebut. Imbasnya, kesehatan tubuh pun bisa ikut terganggu. Berikut adalah beberapa efek kemoterapi bagi kesehatan dan gangguan yang mungkin ditimbulkannya

Efek Kemoterapi dan Gangguannya Terhadap Kesehatan

Efek Kemoterapi bagi kesehatan
Efek Kemoterapi bagi kesehatan
Pertama, efek kemoterapi bagi kesehatan yang paling umum adalah perasaan lelah dan lesu. Umumnya disebabkan oleh kerasnya obat kemoterapi yang bekerja seperti dua sisi mata uang. Oleh karena itulah, pasien penderita kanker seringkali dianjurkan untuk beristirahat lebih banyak.

Kedua, efek kemoterapi bagi kesehatan juga kerap menimbulkan kerontokan pada rambut. Baik merusak sel rambut yang masih sehat, maupun sel rambut yang belum tumbuh.

Ketiga, efek kemoterapi yang dilakukan pada sumsum tulang belakang dapat menyebabkan diare. Gangguan ini tentu saja cukup berbahaya karena dapat menyebabkan tubuh kehabisan cairan.

Keempat, efek kemoterapi bagi tubuh juga dapat mempengaruhi bobot tubuh. Bisa bertambah ataupun berkurang. Untuk mengimbangi efek negatif ini, pasien disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang.

Efek kemoterapi bagi kesehatan memang cenderung membawa efek yang tidak menguntungkan. Namun, pasien itu sendiri masih dapat mempertahankan kondisi tubuhnya dengan menjalani pola hidup sehat, beristirahat cukup, berpikir positif, serta mengkonsumsi makanan sehat.

Demikianlah informasi mengenai Efek Kemoterapi dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan & Tubuh. Semoga bermanfaat :-)

Advertisement
Efek Kemoterapi dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan & Tubuh | spek motor | 5

0 komentar:

Post a Comment