14 Cara Menurunkan Berat Badan & Pola Pikir Yang Diperlukan

Advertisement
Cara Menurunkan Berat Badan - Memiliki berat badan ideal adalah dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Dengan berat badan yang ideal akan menambah kepercayaan diri seseorang. Namun, sebagian orang masih merasa kesulitan untuk menurunkan berat badannya. Sebagian besar orang gagal menurunkan berat badan disebabkan oleh banyak faktor, seperti pola makan yang salah, disiplin, hingga pengetahuan yang salah tentang diet. Pada artikel kali ini kami akan membahas lengkap  cara menurunkan berat badan secara alami yang dilengkapi kebiasaan dan mindset yang harus diterapkan hingga tercapainya berat badan ideal yang diharapkan.

Sebelum memutuskan untuk menurunkan berat badan, ada baiknya agar menyusun terlebih dahulu target berat badan yang anda inginkan. Lalu lakukan diet menurunkan berat secara bertahap. Untuk mengetahui berat badan ideal dapat dihitung dengan rumus Brocca adalah: Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan - 100) - 10% . 

14 Cara Menurunkan Berat Badan Bagi Yang Masih Sering Gagal

Cara Menurunkan Berat Badan
Cara Menurunkan Berat Badan
Berolahraga Secara Rutin - Olahraga adalah hal yang gampang-gampang sulit dijalankan, apalagi secara rutin. Padatnya waktu yang digunakan untuk aktivitas membuat sebagian orang merasa enggan untuk berolahraga. Cara menurunkan berat badan dengan berolahraga adalah keharusan bagi mereka yang mereka yang bosan dengan obesitas mereka. Olahraga yang paling cocok untuk menurunkan berat badan, antara lain: berlari (cardio) dan aerobic. Kedua jenis olahraga tersebut akan memacu pembakaran lemak.

Kurangi Garam - Ahli kesehatan juga menganjurkan penderita obesitas untuk mengurangi kadar garam harian sebanyak 2,5 gram dari kadar garam normal yang dikonsumsi setiap hari.  Jumlah garam yang dibatasi akan mengurangi volume air dalam tubuh.

Tambah Intesitas Olahraga - Setelah membiasakan diri untuk berolahraga, langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah menambah intensitas waktu olahraga anda. Jika sebelumnya, anda berlari 15 menit setiap hari, maka bisa ditambah menjadi 25 menit, dst, secara bertahap. 

Hindari Obat Diet Kilat - Banyak sekali tersedia obat-obatan diet yang dijual bebas dipasaran. Tak sedikit yang menjanjikan hasil diet  kilat yang bisa didapat dalam tempo waktu yang singkat. Menurut para ahli kesehatan, cara menurunkan berat badan secara dadakan, selain tidak permanen, juga dapat membahayakan tubuh.

Batasi Nafsu Makan Anda - Kebanyakan orang yang tidak bisa mengontrol berat badannya adalah mereka yang tidak kuat godaan terhadap makanan dan cemilan. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah terlebih dahulu membatasi nafsu makan anda terhadap makanan-makanan tambahan diluar jam makan normal anda.

Hindari Gula dan Minuman Soda - Minuman yang mengandung karbonat adalah salah satu pantangan yang harus dihindari bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Di dalam minuman berkarbonat mengandung kalori dan gula yang cukup tinggi yang dapat memicu berat badan bertambah.

Hindari Junk Food - Junk food atau makanan siap saji juga perlu dijauhi atau dibatasi bagi mereka yang memiliki kelebihan berat. Dalam satu porsi junk food mengandung kalori yang sangat tinggi sekali yang justru dapat membuat berat badan semakin melar. Selain itu, beberapa jenis junk food juga mengandung lemak yang tinggi yang berbahaya untuk tubuh.

Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan - Mengkonsumsi buah adalah salah satu tips yang banyak dianjurkan kepada penderita obesitas, seperti melon, apel, semangka, dsb. Fungsi buah-buahan dapat membantu mereka menekan nafsu makan sekaligus mengenyangkan perut.

Kurangi Porsi Makan - Mengurangi porsi makan adalah cara menurunkan berat badan secara aman dan bertahap. Jika selama ini anda selalu makan nasi dengan sepiring penuh untuk sekali sarapan, maka bisa mulai dikurangi sepertiganya hingga setengahnya. Hal ini dilakukan untuk membatasi jumlah kalori masuk. 

Konsumsi Air Putih Lebih Awal - Pengertian konsumsi air putih lebih awal adalah minum air putih beberapa menit sebelum memulai sarapan anda. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa lapar anda. 

Konsumsi Beras Merah - Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang lebih baik dari beras putih, serat tinggi, serta waktu cerna yang lebih lama dibandingkan beras putih sehingga membutuhkan kalori lebih banyak untuk mencernanya. Beras merah juga akan membuat kita merasa lebih kenyang lebih lama dibandingkan beras putih. 

Hindari Makanan Gorengan - Makanan-makanan yang digoreng juga perlu dihindari oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. Makanan gorengan banyak mengandung minyak jenuh yang berpotensi menambah lemak tubuh dan membahayakan jantung.

Cukupi Kebutuhan Tidur - Kebutuhan akan tidur merupakan hal penting untuk menjaga kestabilan metabolisme dan hormon tubuh. Kurangnya waktu tidur dapat membuat diet apa pun yang anda jalankan menjadi sia-sia.

Hitung Jumlah Kalori Anda - Untuk mengurangi berat badan 3 kg dalam seminggu memerlukan pembakaran kalori sebesar 21.000 lebih banyak dari penggunaan kalori biasanya. Dengan demikian, diperlukan usaha pembakaran sebesar 3.000 kalori setiap harinya. Hal ini dapat diupayakan dengan membatasi kalori masuk setiap harinya. Sedangkan untuk membakar kelebihan 3.000 kalori tadi cukup melakukan olahraga kardio (lari) selama 2 hingga 3 jam setiap hari diatas mesin kardio/treadmill.

Tips Menurunkan Berat Badan dan Pola Pikir Yang Diperlukan

Pertama, susun target secara berkala. Misalnya, dalam satu minggu  harus ada penurunan, minimal 2-3 kg. Lalu lakukan aturan diet secara konsisten dan disiplin. Jangan bolos, walaupun hanya 1 hari!

Kedua, jangan terjebak dengan banyaknya metode diet cara menurunkan berat badan yang beredar di internet. Banyak sekali  diet yang dianjurkan oleh pakar diet, seperti: diet buah, diet mediteranian, diet vegan, diet OCD, diet jus, dll. Anda boleh mencoba salah satu diet dan melihat hasilnya setelah menjalaninya beberapa lama. Jika tubuh mulai menunjukkan gejala yang tidak normal dan sering sakit, maka hentikan diet dan coba metode diet yang lain. Pada kenyataannya, kondisi tubuh setiap orang berbeda sehingga diet yang bagi orang tertentu cocok belum tentu akan berlaku sama terhadap tubuh anda.

Ketiga, tingkatkan pengetahuan anda terhadap makanan yang anda konsumsi, meliputi kandungan kalori setiap makanan, protein, energi, dll. Informasi ini bisa diketahui pada komposisi makanan yang tertera pada produk makanan yang anda beli. Sedangkan untuk mengetahui jumlah kalori dari makanan saji yang anda makan setiap harinya, seperti telur, kentang, sayur, ayam, sate, dll, dapat mencarinya dengan mudah diinternet. Dengan mengetahui jumlah kalori pada setiap makanan dapat membantu anda menghitung batas kalori yang diperbolehkan oleh anda.

Keempat, Hindari Stress! Depresi disebabkan oleh pikiran seseorang yang tak mampu menerima kondisi eksternal yang dihadapinya saat ini. Pikiran stress bukan saja mengganggu kesehatan secara mental tetapi juga fisik. Kondisi stress dapat mengacaukan hormon dan memicu berbagai macam penyakit dalam tubuh. Untuk menghindari stress dan depresi, dapat dilakukan dengan bermeditasi, mendengarkan musik, menjalankan hobi, membaca buku-buku positif, dll.

Kelima, Diet with passion! Menjalani diet dan menurunkan berat badan, bukan semata dijalankan secara terpaksa dan berat hati. Cara menurunkan berat badan juga harus dimulai dari pola pikir mengenai proses dan tujuan diet itu sendiri. Diperlukan keyakinan, keteguhan, dan kegembiraan dalam menjalankannya. Anggaplah diet sebagai kebutuhan yang senang anda jalankan seperti halnya hobi anda. Diet menurunkan berat badan memerlukan usaha yang konsisten, bahkan setelah mendapatkannya sekalipun diperlukan usaha yang berkesinambungan untuk mempertahankan berat badan agar selalu ideal.

Demikianlah informasi mengenai 14 Cara Menurunkan Berat Badan & Pola Pikir Yang Diperlukan. Baca juga artikel tentang 14 Cara Menghilangkan Komedo & 6 Kebiasaan Untuk Mencegahnya. Semoga bermanfaat :-)


Advertisement
14 Cara Menurunkan Berat Badan & Pola Pikir Yang Diperlukan | ndra | 5

0 komentar:

Post a Comment