Pertolongan Untuk Luka Iris atau Tergores Yang Efektif

Advertisement
Pertolongan Untuk Luka Iris atau Tergores Yang Efektif - Luka iris kerap terjadi saat kulit secara tidak sengaja tergores oleh benda tajam atau runcing, seperti saat memotong sayuran, tergores paku yang menonjol, dll. Banyak orang yang meremehkan luka iris atau luka akibat tergores, padahal luka tersebut memerlukan perawatan yang tepat jika tidak, luka akan mengalami infeksi. Untuk kasus yang lebih berat lagi, dapat menyebabkan demam, terlebih lagi jika benda yang menyebabkan luka iris / gores tidak steril.  Jadi, bagaimanakah cara tepat untuk menangani luka iris?

Cara Menangani Luka Iris dan Luka Gores 

Cara Menangani Luka Iris
Menangani Luka Iris
Mencuci Tangan - Jika luka iris menimbulkan pendarahan yang cukup banyak, cucilah terlebih dahulu kedua tangan anda sebelum menangani luka iris agar terbebas dari kuman. Setelah itu baru lakukan langkah berikutnya yang diperlukan.

Hentikan Pendarahan - Beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk luka iris atau luka gores adalah dengan menekan pendarahan dengan tissue atau kain bersih. Apabila darah dari luka cukup banyak, tambahkan kain atau tissue, jangan menggantinya! Tekan terus luka yang sedang  mengalami pendarahan.

Apabila luka iris atau gores cukup besar hingga terus mengeluarkan darah, posisikan bagian tubuh tersebut agar lebih tinggi dari jantung.

Membersihkan Luka - Setelah pendarahan mulai agak berhenti, bukalah perlahan kain atau tissue yang digunakan untuk menekan luka, lalu bersihkan luka iris dengan memulai menyingkirkan kotoran disekitar luka. Setelah itu, bersihkan  luka dengan air hangat secara perlahan. 

Menutup luka iris - pertolongan luka iris berikutnya adalah menutup luka yang telah dibersihkan dengan mengoleskan krim antibiotik yang bisa anda beli di apotik. Krim ini berfungsi untuk menghindarkan luka iris atau luka gores dari infeksi. Setelah mengoleskan krim, balut luka dengan perban. Ganti perban minimal 1x sehari dan ulangi langkah yang sama mulai dari mencuci luka, mengoleskan krim, dan membalut perban.

Itulah beberapa tips dan Cara Menangani Luka Iris dan Luka Gores. Semoga bermanfaat :-)


Advertisement
Pertolongan Untuk Luka Iris atau Tergores Yang Efektif | ndra | 5

0 komentar:

Post a Comment