Efek Stress Terhadap Kesehatan Jantung & Akibatnya

Advertisement
Efek Stress Terhadap Kesehatan Jantung & Akibatnya - Stres merupakan gejala alami yang dialami oleh setiap orang. Stress atau juga depresi seringkali disebabkan oleh ketidakmampuan kapasitas fisik dan psikis seseorang dalam menghadapi kenyataan yang sedang dihadapi sehingga terjadi tekanan bagi orang tersebut.

Bahaya Efek Stress Terhadap Gangguan Kesehatan Jantung

Efek Stress Terhadap Kesehatan Jantung
Efek Stress Terhadap Kesehatan
Efek depresi ternyata tidak bisa dianggap remeh bagi tubuh dan kesehatan, terutama terhadap jantung dan penyakit gagal jantung. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan terhadap 63 ribu sampel tes fisik & psikis, didapati angka 1.500 orang yang  mengalami penyakit gagal jantung. Menariknya, sebagian besar dari angka tersebut terjadi pada sampel yang banyak kali mengalami depresi, stress, atau tekanan lainnya selama hidup mereka.

Sedangkan untuk jumlah sampel lainnya, mereka yang memiliki tingkat stres yang kecil mempunyai resiko 5% terhadap penyakit gagal jantung. Untuk efek stress tingkat menengah resikonya meningkat sampai 40%. Menurut Dr. Lise Tuset Gustad selaku ketua riset mengungkapkan efek stress yang tak dikelola dengan baik menyebabkan resiko seseorang terserang penyakit gagal jantung menjadi lebih besar. 

Meskipun demikian, tak sedikit dari orang-orang--termasuk kita--yang kerap tidak menyadari tingkat stres yang kita hadapi dan efek stress itu sendiri. Padahal stress yang tak segera dikendalikan dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan.

Menurutnya lebih lanjut, efek stress bisa semakin memburuk seiring dengan gaya hidup yang dijalani oleh orang tersebut, seperti merokok, alkohol, makan berlebihan, dll. Saat seseorang mengalami depresi, hormon stres yang dihasilkan menjadi lebih besar. Detak jantung pun semakin cepat seperti halnya dengan ritme nafas. 

Gejala yang sekilas terlihat biasa saja justru dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah yang memicu penyakit jantung. Salah satu cara termudah mengidentifikasi stres adalah melalui mood seseorang terhadap hal yang biasa ia kerjakan, cenderung berfokus pada hal-hal buruk yang sedang terjadi serta kehilangan keceriaannya. So, apakah anda mengalami stress seperti itu dalam hidup anda?

Demikianlah informasi mengenai Efek Stress Terhadap Kesehatan Jantung & Akibatnya. Semoga bermanfaat :-)

Advertisement
Efek Stress Terhadap Kesehatan Jantung & Akibatnya | ndra | 5

0 komentar:

Post a Comment