Efek Negatif Begadang Bagi Tubuh dan Kesehatan

Advertisement
Efek Negatif Begadang Bagi Tubuh dan Kesehatan - Begadang atau tidur melewati jam normal memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa mereka sering begadang, seperti insomnia, tuntutan pekerjaan, menonton bola, internetan / main game, ngobrol dengan tetangga, dll. Padahal sering begadang kerap membuat orang kehilangan jam tidurnya, terlebih jika mereka harus bangun pagi untuk melanjutkan aktivitas mereka. 

Disamping itu, pola hidup yang sering begadang ternyata membawa efek buruk bagi kesehatan, yang bisa dirasakan secara langsung maupun tak langsung. Berikut ini adalah efek negatif sering begadang bagi kesehatan.

Efek Negatif Sering Begadang Bagi Kesehatan dan Tubuh

Efek Negatif Begadang
Efek Negatif Begadang
Pertama, efek negatif sering begadang juga bisa memicu obesitas, karena begadang membuat metabolisme tubuh menjadi kacau, sehingga lemak menjadi lebih mudah terbentuk. Terlebih lagi, kebiasaan begadang sering membuat mereka merasa lapar dan ngemil yang justru akan memicu berat badan semakin bertambah.

Kedua, efek negatif sering begadang juga membuat imun tubuh melemah, mengurangi sel darah putih, sehingga tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Ketiga, efek negatif sering begadang membuat ja biologis tubuh menjadi kacau, sehingga akan terasa sulit bagi mereka untuk tidur pada waktu normal. Membuat mereka mempunyai jam tidur yang berbeda dengan jam tidur seharusnya.

Keempat, efek negatif sering begadang juga memperbesar resiko penyakit jantung 

Kelima, efek begadang yang menahun juga berpotensi memicu penyakit diabetes, karena hormon tubuh terganggu sehingga produksi insulin dalam tubuh menjadi tak normal.

Keenam, selain jantung dan diabetes, penyakit lainnya yang resiko menyerang orang yang sering begadang adalah penyakit stroke, karena tubuh bekerja lebih berat dari seharusnya.

Ketujuh, efek negatif begadang atau kurang tidur juga menyebabkan seseorang menjadi rentan stress secara emosional karena pikiran mereka tidak memiliki cukup waktu untuk beristirahat, dan hal itu dapat memicu penyakit darah tinggi dan penyakit no.4 dan 6 diatas.

Kedelapan, efek negatif begadang yang seringkali dirasakan secara langsung adalah sakit kepala. Umumnya, ini adalah efek paling cepat yang dirasakan secara langsung.

Kesembilan, kebiasaan tidur melewati jam-jam normal membuat syaraf pusat menjadi lemah, akibatnya, seseorang menjadi pelupa, susah berpikir, refleks lamban, susah berkonsentrasi.

Nah, dari 9 efek negatif begadang diatas, jelas menunjukkan betapa berbahayanya efek begadang atau kurang tidur bagi kesehatan. Untuk mencukupi kebutuhan tidur, para ahli kesehatan menganjurkan kita untuk tidur minimal 7 - 8 jam sehari. Sudahkah anda mencukupi kebutuhan tidur anda?

Demikianlah informasi mengenai Efek Negatif Begadang Bagi Tubuh dan Kesehatan. Semoga bermanfaat :-)

artikel blissguild lainnya mengenai Efek Kopi Bagi Kesehatan dan Gangguan Yang Ditimbulkan
Advertisement
Efek Negatif Begadang Bagi Tubuh dan Kesehatan | ndra | 5

0 komentar:

Post a Comment