Buah Acai Berry: Manfaat, Khasiat, dan Kebenarannya

Advertisement
Buah Acai Berry: Manfaat, Khasiat, dan Kebenarannya - Nama Acai Berry memang kerap terdengar belakangan ini. Banyak sekali produk atau obat yang menggunakan bahan Acai Berry yang diklaim mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti Kanker, Jantung, prostat, gangguan ereksi, hingga untuk diet. Benarkah demikian? Seperti apakah buah Acai Berry ini?

Buah Acai Berry atau Euterpe Oleracea adalah buah yang banyak ditemui di wilayah Amerika Selatan. Sekilas, buah ini mirip seperti cerry berwarna ungu kehitaman. Popularitas buah ini mulai menanjang sejak tahun 2008 silam yang dimulai dengan isu pembahasan tentang antioksidan yang dibahas oleh berbagai forum dan acara televisi kesehatan. Nama Acai Berry semakin meluas ke negara-negara dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekali beredar produk-produk obat ekstrak Acai Berry. Seberapa besarkah khasiat Acai Berry

Melirik khasiat dari buah ini, jika ditelusuri secara ilmiah, buah ini mengandung flavanoid, antosianin dan antioksidan. Ketiganya memang memiliki khasiatnya masing-masing bagi tubuh. Untuk antioksidan misalnya, kandungan ini mengandung senyawa untuk mencegah penuaan dini dan kerusakan sel tubuh dari pengaruh radikal bebas. Selain itu, zat ini juga dipercaya mampu melindungi sel dari kanker. Zat kedua, antosianin juga tak kalah pentingnya. Umumnya kandungan ini terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Dengan adanya kedua kandungan tersebut membuat buah Acai Berry memiliki khasiat-khasiat yang disebutkan.

Buah Acai Berry dan Kebenaran Khasiatnya

Khasiat Acai Berry
Khasiat Acai Berry
Meskipun dalam buah Acai Berry terkandung zat antioksidan dan antosianin. Namun, dalam hal keampuhan khasiatnya masih ditelusuri lebih dalam lagi melalui penelitian. Karena belum diketahui secara pasti, apakah kandungan antioksidan dalam Acai Berry lebih besar daripada buah lainnya, seperti strawberry, anggur, kulit manggis, atau tomat  misalnya. Di pasaran saat ini sudah banyak sekali beredar produk-produk pelangsing dengan ekstrak Acai Berry. Pada kenyataanya, hingga saat ini belum ada penelitian dan bukti mengenai korelasi kandungan Acai Berry dengan faktor penurun berat badan.

Setidaknya hal tersebut dilaporkan oleh jurnal FDA (Food and Drugs Administration) pada tahun 2011 lalu. Dalam jurnal tersebut disebutkan bahwa Acai Berry Soft Gel ABC (bahkan) mengandung sibutramin yang merupakan campuran berbahaya bagi tubuh. Produk Acai Berry yang mengandung zat tersebut memang telah ditarik dari peredaran di Amerika karena dianggap membahayakan tekanan darah dan mempercepat denyut jantung. Bagi penderita jantung dan stroke bisa memicu resiko fatal jika mengkonsumsi obat ini secara rutin.

Selain pil  / kapsul, produk Acai Berry lainnya juga ada yang berbentuk minyak. Umumya, produk berjenis minyak digunakan untuk perawatan kulit wajah. Dalam hal ini, hasil penelitian menunjukkan minyak Acai Berry ini masih aman digunakan dan khasiatnya bisa dibuktikan karena kandungan antioksidan disertakan dalam produk ini, termasuk juga produk shampoo, konditioner, masker, krim, dsj. Namun tetap bukan tanpa resiko, karena tipe kulit setiap orang berbeda satu sama lainnya. Sehingga perlu ditelusuri lagi kecocokan kandungan buah ini dengan kulit. 

Yang pasti, hingga saat ini, penelitian ilmiah mengenai kandungan dan khasiat Acai Berry yang dibesarkan melalui isu-isu memang masih sangat terbatas. Oleh karena itu, sebagai pengguna, kita harus lebih jeli dalam mencoba setiap produk yang menjanjikan hasil instan tanpa resiko.

Demikianlah informasi mengenai Buah Acai Berry: Manfaat, Khasiat, dan Kebenarannya. Semoga bemranfaat :-)




Advertisement
Buah Acai Berry: Manfaat, Khasiat, dan Kebenarannya | ndra | 5

0 komentar:

Post a Comment