Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

Advertisement
Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa - Untuk menunjang keberhasilan anda selama menjalankan ibadah puasa bukan saja perlu memperhatikan pola makan, memperhatikan pola hidup juga juga sangat penting untuk menunjang kondisi kesehatan agar tubuh tetap prima selama menjalankan ibadah puasa. Nah, berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan di bulan puasa yang perlu anda ketahui.

5 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa
Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa
Mencukupi kebutuhan akan cairan - Air merupakan bagian penting dalam tubuh yang tak terpisahkan. Selama bulan puasa, asupan cairan tentu akan sedikit terbatasi. Oleh karenanya, pastikan agar anda tetap memenuhi kebutuhan 10 gelas air sejak jam berbuka hingga imsak.

Perhatikan Porsi saat berbuka - Sebagian orang akan merasa kelaparan saat berbuka sehingga akan menyantap makanan dalam porsi besar dan banyak. Padahal hal itu tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, disarankan agar mengkonsumsi makanan dan minuman secara bertahap dengan porsi yang kecil atau sewajarnya. Bisa dimulai dengan minuman juga santapan pembuka.

Ubah Cara Diet Anda - Jika anda sedang menjalani diet karbohidrat. Maka, untuk menjaga kesehatan di bulan puasa ini, ada baiknya agar anda menggantinya dengan jenis diet lainnya, karena selama bulan puasa, tubuh memerlukan karbohidrat dan protein untuk mencukupi asupan energi yang diperlukan saat menjalani aktivitas. Beberapa jenis makanan yang kaya akan karbohidrat, misalnya: nasi, gandum, roti, sayur dan buah.

Batasi Makanan Asin & Manis - Ada 2 alasan mengapa makanan-makanan yang terlalu manis dan asin perlu dibatasi. Pertama, makanan tersebut mudah tercerna sehingga akan menimbulkan rasa lapar kembali. Kedua, makanan yang terlalu asin dan manis menyebabkan rasa haus dan dehidrasi pada tubuh.

Tips menjaga kesehatan di bulan puasa yang terakhir adalah memahami nutrisi dan asupan yang diperlukan oleh tubuh, meliputi protein, karbohidrat, sayuran, buah-buahan, makanan rendah gula, daging tanpa lemak, ikan, telur, dan susu.

Nah, itulah beberapa Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa. Semoga bermanfaat :-)

artikel bliss guild lainnya mengenai Minuman Berbuka Puasa. Jangan Teh & kopi!
Advertisement
Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa | ndra | 5

0 komentar:

Post a Comment